Udina Ulales karya anak bangsa: MACAM - MACAM TES

Pages

Sunday, March 18, 2012

MACAM - MACAM TES

FUNGSI PENILAIAN

1.      Quality Control ( kualifikasi/standar kompetensi minimal)
2.      Motivation ( kondisi memaksa, penekanan)
3.      Public Accountability ( info ke publik, orang tua, stakeholder)
4.      Selection ( seleksi, penempatan, perkembangan , kompetensi)
5.      Diagnostic  (kelemahan, perbaikan, umpan balik)
6.      Legitmation ( pengakuan, sertifikasi, lisensi)

Macam - Macam Tes
1. Macam-macam tes berdasar tujuan dan fungsinya

Sesuai dengan fungsinya  ada bermacam  tes.
a. Tes diagnostic
b. Tes formatif
c. Tes  Sumatif
            d. Tes Akhir tahun pembelajaran

         Test  Diagnostik.
Untuk mengetahui kesulitan belajar  siswa yang secara terus menerus  ada  padanya.Evaluasi ini  lebih mendetail dari pada tes formatif.
         Test   Formatif.
Test  untuk mengetahui kemajuan  belajar  siswa  selama  pengajaran berlangsung.
         Test  Sumatif.
Untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mencapai mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
         Test  Akhir  tahun  Pembelajaran.
Untuk  mengetahui  pencapaian kompetensi yang  telah  ditentukan  / yang  minimal  harus  di kuasai  siswa 

2. Macam-macam tes menurut  waktu diberikannya test terbagi atas:
  •  Pra test (pre test), yaitu test yang diberikan sebelum proses pembelajaran. Test ini bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah materi yang akan diajarkan telah dapat dikuasai oleh peserta didik. Jenis-jenis pra test antara lain:
  1.  Test persyaratan (Test of entering behavior), yaitu tes yang dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan dasar yang menjadi syarat guna memasuki suatu kegiatan tertentu. 
  2. Input test (test of input competence), yaitu test yang digunakan menentukan kegiatan belajar yang relevan, berhubungan dengan kemampuan dasar yang telah dimiliki oleh peserta didik.
  • Test akhir (Post test), yaitu test yang diberikan setelah dilaksanakan proses pembelajaran. Tes tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kemajuan intelektual (tingkat penguasaan materi) peserta didik. Biasanya test ini berisi pertanyaan yang sama dengan pra test.

3. Macam-macam tes berdasar pelaksanaannya dalam praktek test terbagi atas:
  • Tes tulisan (written tes), yaitu test yang mengajukan butir-butir pertanyaan dengan mengharapkan jawaban tertulis. Biasanya test ini digunakan untuk mengukur aspek kognitif peserta didik.
  • Test lisan (oral test), yaitu tes yang mengajukan pertanyan-pertanyaan dengan menghendaki jawaban secara lisan. Test ini juga dilakukan untuk aspek kognitif peserta didik.
  • Test perbuatan (performance test), yaitu tes yang mengajukan pertanyan-pertanyaan dengan menghendaki jawaban dalam bentuk perbuatan. Test ini digunakan untuk menilai aspek psikomotor/ keterampilan peserta didik.

No comments:

Post a Comment